Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Sanitasi SMP se-Kota Magelang Tahun 2025

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Magelang bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Sanitasi SMP se-Kota Magelang Tahun , Jumat (1/08/2025) bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 DPUPR Kota Magelang.

Acara dimulai  pukul 10.00 WIB yang  dibuka langsung oleh Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman terkait Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Sanitasi SMP se-Kota Magelang Tahun 2025. Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Sanitasi SMP se-Kota Magelang Tahun 2025 berlangsung dengan penuh perhatian dan antusiasme Bapak/Ibu Perwakilan OPD, Guru, dan Siswa. Selama sebulan akan diadakan kegiatan lomba sanitasi yang diikuti oleh seluruh tingkat SMP se-Kota Magelang. Kegiatan ini akan dinilai oleh para penjuri yang berasal dari beberapa OPD yang nantinya setiap pemenang lomba akan diberikan uang pembinaan, trophy, dan piagam penghargaan. Kegiatan ini akan melibatkan perwakilan dari siswa yang diwujudkan dengan organisasi yang ada di sekolah sebagai representasi dari siswa lain dan sebagai pelaku dalam kegiatan lomba ini.

Skema teknis yang direncanakan yaitu pada minggu kedua sekolah mempersiapkan semua aspek yang menjadi penilaian lomba sanitasi. Adapun aspek yang akan dinilai berupa sarana prasarana sekolah yang berkaitan dengan pengelolaan sanitasi dan keterlibatan siswa dalam mempersiapkan kegiatan lomba ini. Pada minggu ketiga dan keempat akan dilakukan penjurian dan penilaian dengan mengunjungi satu per satu sekolah yang menjadi peserta lomba, nantinya saat penjurian berlangsung perwakilan siswa dari sekolah akan mempresentasikan hasil yang berdasar pada aspek penilaian. Hasil ini dapat berupa video dan foto dokumentasi, flyer penunjang sarana dan prasarana, atau dalam bentuk tanya jawab siswa sekolah tersebut. Kemudian setelah presentasi hasil, nantinya dewan juri akan mempertimbangkan nilai yang akan diperoleh.

Tamu undangan beberapa OPD terkait, Guru, dan Siswa aktif bertanya tentang timeline kegiatan lomba, juknis lomba, penjelasan terkait indikator penilaian, dan reward lomba yang akan diperoleh.. Pelaksana menjelaskan bahwa untuk rincian waktu pelaksanaan dan juknis lomba akan diedarkan bersama surat edaran kegiatan lomba. Adapun untuk indikator penilaian juga akan dilampirkan pada surat edaran dan pihak sekolah dapat meneruskan informasi tersebut kepada guru/siswa yang lainnya. Hadiah lomba berupa piagam penghargaan akan di atasnamakan sekolah sebagai wujud pencapaian dari hasil kegiatan lomba sanitasi yang diselenggarakan oleh DPUPR.

Acara berakhir pada pukul 11.00 WIB yang ditutup oleh Pembawa Acara.Dengan adanya dialog terbuka ini, diharapkan para guru dan siswa dapat lebih siap dan berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan serta keberlanjutan kegiatan lomba sanitasi ini. Demikian hasil notulen ini kami sampaikan, agar menjadikan periksa.