KKBM Kota Magelang Juara 1 Lomba Komunitas Peduli Sungai


Magelang,-Komunitas Kali Bersih Magelang (KKBM) yang digawangi oleh Kasie Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Magelang menjadi perwakilan Kota Magelang dalam Lomba Komunitas Peduli Sungai (KPS) Tingkat Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo Tahun 2020. Selain KKBM, lomba juga diikuti oleh Komunitas Putra Dasar Samudra (PDS) dari Kabupaten Kebumen dan Komunitas Peduli Ikan dan Sungai (KPIS) dari Kabupaten Wonosobo. Pada Selasa(11/2) dilaksanakan pembinaan komunitas terkait lomba tersebut oleh Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo.

 

Lomba yang terbagi dari 2 tahapan, yaitu kunjungan lapangan dan penilaian paparan. Pemenang lomba selanjutnya akan mewakili Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo pada Lomba Komunitas Peduli Sungai (KPS) Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2020.

 

Sebagai persiapan lomba, telah diadakan Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Komunitas Peduli Sungai (KPS) Tingkat Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo dengan mengundang Komunitas Kali Bersih Magelang (KKBM) dan OPD terkait bertempat di Ruang Rapat Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Magelang. Berdasarkan rapat koordinasi tersebut, telah dipilih ruas Saluran Irigasi Kali Manggis sepanjang 165 m di Jl. Ikhlas / Jl. Sudirman sebagai lokasi kunjungan lapangan.

 

Kunjungan lapangan oleh Tim Juri dan Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo ke Kota Magelang telah dilaksanakan pada Rabu (2/2). Kunjungan ini bertujuan untuk menilai administrasi komunitas dan dokumentasi kegiatan, juga untuk menilai kegiatan komunitas di lapangan secara langsung.

 

Aadapun Hasil penilaian akhir oleh Tim Juri, disampaikan sebagai berikut:

PENILAIAN LOMBA KOMUNITAS PEDULI SUNGAI

No

Nama Komunitas

Penilaian

Jumlah

Lapangan

Paparan

1.

Komunitas Putra Dasar Samudra (PDS)

50,45

24,28

74,73

2.

Komunitas Kali Bersih Magelang (KKBM)

57,30

24,82

82,12

3.

Komunitas Peduli Ikan dan Sungai (KPIS)

54,80

24,44

79,24

 

 

 

 

 

 

Dengan demikian, KKBM menjadi juara 1, Komunitas KPIS juara 2, dan PDS  juara 3. Selanjutnya, Komunitas Kali Bersih Magelang (KKBM) akan mewakili Balai PSDA Progo Bogowonto Luk Ulo dalam Lomba Komunitas Peduli Sungai (KPS) Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada bulan April 2020.nakan pada bulan April 2020.