Morfologi Kota Magelang sebagai Tolok Ukur Perencanaan Tata Ruang Kota Magelang


Magelang,- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Magelang menyelenggarakan rapat tim koordinasi penataan ruang Kota Magelang yang dilaksanakan pada hari Rabu (4/12). Rapat yang diikuti oleh perwakilan OPD se Kota Magelang dan anggota Tim Koordinasi Penataan Ruang Kota Magelang. Dalam rapat koordinasi kali ini disampaikan Paparan Morfologi Kota Magelang sebagai tolok ukur perencanaan tata ruang Kota Magelang.

Dr. Wahyu Utami,ST. MT. dalam paparannya menyampaikan mengenai  keunggulan Kota Magelang sebagai kota dengan tata ruang yang istimewa, sehingga dibutuhkan pengelolaan keunggulan tersebut yang dapat menjadi salah satu daya tarik Kota Magelang.

Diakhir paparannya Wahyu Utami menyampaikan Saujana perkotaan terbentuk dari adanya interaksi manusia dengan alam yang terekspresi pada bentuk ruang maupun bentuk bangunan . Saujana perkotaan mempunyai nilai yang unik pada alam yang membentuknya (gunung, pegunungan, sungai, bukit, perbukitan, lembah, kaki gunung). Perubahan budaya dan cara pandang perekonomian tidak dapat dihindari, namun sebaiknya tidak menurunkan nilai-nilai keunggulan saujana. Pengelolaan dalam kesinambungan konsep yang sudah terbentuk menjadi aspek penting dalam menjaga keunggulan.